Jumat, 13 April 2012

Defenisi Belajar, Model, Desain, Metode dan Strategi Pembelajaran


Belajar

“Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman “(Hamalik, 2003:36).
Sedangkan menurut Morgan (Sagala, 2006:13).Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
Berdasarkan Hamalik dan Morgan di atas, penulis menyimpulkan bahwa belajar adalah suatu perubahan perilaku pada diri siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.


Model Pembelajaran

Menurut  Isjoni (2007:7),secara harfiah “model pembelajaran adalah strategi yang digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar, sikap belajar dikalangan siswa, mampu berpikir kritis, memiliki keterampilan social, dan pencapaian hasil pembelajaran yamg lebih optimal”.
“Model pembelajaran merupakan pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merenacanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial”. (Suprijono,2010:46)

Desain Pembelajaran

“Desain pembelajaran sebagai suatu proses merupakan sistematika pengembangan spesifikasi yang menggunakan teori belajar mengajar guna menjamin mutu pengajaran”.Gagne. 1965. Desain pembelajaran dengan Sembilan langkah pengajaran Gagne,

Metode Pembelajaran

Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu.Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan of operation achieving something” sedangkan metode adalah “a way in achieving something” (Wina Senjaya (2008).

Strategi Pembelajran

Kemp (Wina Senjaya, 2008) mengemukakan bahwa “strategi pembelajaranadalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien”.
J. R David, Wina Senjaya (2008) menyebutkan bahwa “dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar