Belajar
“Belajar adalah
modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman “(Hamalik, 2003:36).
Sedangkan menurut Morgan
(Sagala, 2006:13).Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam
tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
Berdasarkan Hamalik dan
Morgan di atas, penulis menyimpulkan bahwa belajar adalah suatu perubahan
perilaku pada diri siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.
Model Pembelajaran
Menurut Isjoni
(2007:7),secara harfiah “model pembelajaran adalah strategi yang digunakan guru
untuk meningkatkan motivasi belajar, sikap belajar dikalangan siswa, mampu
berpikir kritis, memiliki keterampilan social, dan pencapaian hasil
pembelajaran yamg lebih optimal”.
“Model pembelajaran
merupakan pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merenacanakan pembelajaran
di kelas maupun tutorial”. (Suprijono,2010:46)
Desain Pembelajaran
“Desain pembelajaran
sebagai suatu proses merupakan sistematika pengembangan spesifikasi yang
menggunakan teori belajar mengajar guna menjamin mutu pengajaran”.Gagne. 1965. Desain
pembelajaran dengan Sembilan langkah pengajaran Gagne,
Metode Pembelajaran
Strategi pembelajaran
sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai
metode pembelajaran tertentu.Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan
of operation achieving something” sedangkan metode adalah “a way in
achieving something” (Wina Senjaya (2008).
Strategi Pembelajran
Kemp (Wina Senjaya,
2008) mengemukakan bahwa “strategi pembelajaranadalah suatu kegiatan
pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran
dapat dicapai secara efektif dan efisien”.
J. R David, Wina Senjaya
(2008) menyebutkan bahwa “dalam strategi pembelajaran terkandung makna
perencanaan”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar