BAGIAN I
PENDAHULUAN
Hari/ Tanggal :
Jum’at, 30 Maret 2012
Waktu :
16.30-16.45
Tempat : Warung Bakso Ramli
Jl.Bhayangkara
Narasumber :
Harry Surya Sirait, S.Pd
Pewawancara :
1.
Edin Efendi Nasution
2.
Geri Suandri Purba
3.
Mhd.Faisal Pradana
4.
Surya Firdaus
TOPIK
Fungsi Manajemen Pendidikan
TUJUAN DILAKUKANNYA WAWANCARA
Tujuan khusus : Untuk menambah pemahaman tentang ketujuh
fungsi manajemen pendidikan.
Tujuan umum : Hasil wawancara ini, nantinya akan digunakan
untuk mengetahui ketujuh fungsi manajemen pendidikan yang dimulai dari
penentuan sasaran (tujuan) sampai berakhirnya sasaran/tercapai tujuan.
Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan perumusan tujuan - perencanaan, lalu dilanjutkan dengan
pelaksanaan, dan selama pelaksanaan dilakukan pengawasan dan atau penilaian,
dan diakhiri dengan pemberian umpan balik/tindak lanjut (follow up).
BAGIAN II
TEORI RUJUKAN
Manjemen pendidikan merupakan suatu proses. Pengertian proses
mengacu kepada serangkaian kegiatan yang dimulai dari penentuan sasaran (tujuan
sampai akhirnya sasaran tercapainya tujuan. Fungsi, artinya kegiuatan atau
tugas-tugas yang harus dikerjakan dalam usaha mencapai tujuan.
1. William
H. nerman dengan mengklasifikasikan fungsi manjem,en atas lima kegiatan dengan akronim POASCO, yakni :
·
Planning (perencanaan)
·
Organzing (pengorganisasian
·
Assembling resource (pengumpulan sumber
·
Survesing (Pengendalian)
·
Controlling (pengawasan)
2. Dalton
E. Mc. Farland, membaginya atas tiga fungsi dengan akronim POCO yakni :
·
Planning
·
Organizing
·
Controlling
3. H. Koontz & O, Donnell, mengklasifikasikannya atas lima p[roses dengan
akronim PODICO, yakni
·
Planning
·
Organizing
·
Staffing
·
Directing
·
Controling
4. Luther
gulick membaginya atas tujuh fungsi dengan akronim POSDCORB, yakni
·
Planning
·
Organizing
·
Staffing
·
Drecting
·
Coordinating
·
Reporting
·
Budgeting
5. George
R. Teery, mengklasifikasikannya atas empat fungsi dengan akronim POAC, yakni
·
Planning
·
Organizing
·
Actuating
·
Controling
6. Robbins
dan Coulter, mengklasifikasikannya atas empat fungsi dengan akronim POCL, yakni
:
·
Planning
·
Organizing
·
Leading
·
Controling
Dari klasifikasi fungsi-fungsi
manajemen di atas, tampak bahwa di antara para ahli ada kesamaan pandangan
tentang fungsi manajemen. Seluruh ahli sependapat bahwa fungsi pertama dari
manajemen adalah perencanaan, kemudian ditindak lanjuti dngan pengorganisasian.
Gulick menambahkan satu fungsi lagi, yang tidak disinggung ahli lain, yang akan
berjalan dengan baik jika disertai dengan usaha pembiayaan dalam bentuk rencana
anggaran, dan pengawasan anggaran. masing-masing fungsi manjemen yang
dikemukakan di atas, akan dipaparkan pada bagian berikut dengan mengacu pada
pengklasifikasian dari Luther Gulick (POSDCORB).
Untuk melihat lebih lengkapnya, silahkan klik disinii,,,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar