Sabtu, 07 April 2012

LAPORAN WAWANCARA MANAJEMEN PENDIDIKAN



BAGIAN I
PENDAHULUAN


Hari/ Tanggal              : Jum’at, 30 Maret 2012
Waktu                         : 16.30-16.45
Tempat                        : Warung Bakso Ramli Jl.Bhayangkara
Narasumber                 : Harry Surya Sirait, S.Pd
Pewawancara              :
1.      Edin Efendi Nasution
2.      Geri Suandri Purba
3.      Mhd.Faisal Pradana
4.      Surya Firdaus

TOPIK

Fungsi Manajemen Pendidikan


TUJUAN DILAKUKANNYA WAWANCARA

Tujuan khusus : Untuk menambah pemahaman tentang ketujuh fungsi manajemen pendidikan.

Tujuan umum  : Hasil wawancara ini, nantinya akan digunakan untuk mengetahui ketujuh fungsi manajemen pendidikan yang dimulai dari penentuan sasaran (tujuan) sampai berakhirnya sasaran/tercapai tujuan. Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan perumusan tujuan  - perencanaan, lalu dilanjutkan dengan pelaksanaan, dan selama pelaksanaan dilakukan pengawasan dan atau penilaian, dan diakhiri dengan pemberian umpan balik/tindak lanjut (follow up).


BAGIAN II
TEORI RUJUKAN
  
Manjemen pendidikan merupakan suatu proses. Pengertian proses mengacu kepada serangkaian kegiatan yang dimulai dari penentuan sasaran (tujuan sampai akhirnya sasaran tercapainya tujuan. Fungsi, artinya kegiuatan atau tugas-tugas yang harus dikerjakan dalam usaha mencapai tujuan.

      1.      William H. nerman dengan mengklasifikasikan fungsi manjem,en atas lima kegiatan dengan akronim POASCO, yakni :
·        Planning (perencanaan)
·        Organzing (pengorganisasian
·        Assembling resource (pengumpulan sumber
·        Survesing (Pengendalian)
·        Controlling (pengawasan)

         2.   Dalton E. Mc. Farland, membaginya atas tiga fungsi dengan akronim POCO yakni :
·        Planning
·        Organizing
·        Controlling

        3.      H. Koontz & O, Donnell, mengklasifikasikannya atas lima p[roses dengan akronim PODICO, yakni
·        Planning
·        Organizing
·        Staffing
·        Directing
·        Controling

        4.      Luther gulick membaginya atas tujuh fungsi dengan akronim POSDCORB, yakni
·        Planning
·        Organizing
·        Staffing
·        Drecting
·        Coordinating
·        Reporting
·        Budgeting

        5.      George R. Teery, mengklasifikasikannya atas empat fungsi dengan akronim POAC, yakni
·        Planning
·        Organizing
·        Actuating
·        Controling

        6.   Robbins dan Coulter, mengklasifikasikannya atas empat fungsi dengan akronim POCL, yakni :
·        Planning
·        Organizing
·        Leading
·        Controling

Dari klasifikasi fungsi-fungsi manajemen di atas, tampak bahwa di antara para ahli ada kesamaan pandangan tentang fungsi manajemen. Seluruh ahli sependapat bahwa fungsi pertama dari manajemen adalah perencanaan, kemudian ditindak lanjuti dngan pengorganisasian. Gulick menambahkan satu fungsi lagi, yang tidak disinggung ahli lain, yang akan berjalan dengan baik jika disertai dengan usaha pembiayaan dalam bentuk rencana anggaran, dan pengawasan anggaran. masing-masing fungsi manjemen yang dikemukakan di atas, akan dipaparkan pada bagian berikut dengan mengacu pada pengklasifikasian dari Luther Gulick (POSDCORB).

Untuk melihat lebih lengkapnya, silahkan klik disinii,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar