Jumat, 13 April 2012

Prosedur Pembelajaran



Secara umum, prosedur pembelajaran dilakukan melalui 3 tahapan yaitu : 
  1. Kegiatan pendahuluan; 
  2. Kegiatan inti;
  3. Kegiatan akhir dan tindak lanjut.


Kegiatan Pendahuluan

Udin S. Winataputra, dkk. (2003) mengemukakan hal-hal yang dilakukan dalam kegiatan pendahuluan, yaitu :
Menciptakan Kondisi Awal Pembelajaran; meliputi: 
  • Membina keakraban, 
  • Menciptakan kesiapan belajar peserta didik dan 
  • Menciptakan suasana belajar yang demokratis.

Apersepsi/Pre test; meliputi : 
  • Kegiatan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi sebelumnya, 
  • Memberikan komentar atas jawaban yang diberikan peserta didik dan 
  • Membangkitkan motivasi dan perhatian peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

Depdiknas (2003) mengemukakan bahwa “dalam kegiatan pendahuluan, perlu dilakukan pemanasan dan apersepsi, didalamnya mencakup: 
  1. Bahwa pelajaran dimulai dengan hal-hal yang diketahui dan dipahami peserta didik; 
  2. Motivasi peserta didik ditumbuhkan dengan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi peserta didik; dan 
  3. Peserta didik didorong agar tertarik untuk mengetahui hal-hal yang baru”.

Kegiatan Inti

Udin S. Winataputra, dkk. (2003) mengemukakan hal-hal yang dilakukan dalam kegiatan inti, yaitu :
  •           Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai, baik secara lisan maupun tulisan.
  •           Menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang akan ditempuh
  • -        Membahas Materi

Depdiknas (2003) membagi kegiatan inti ke dalam tiga tahap kegiatan yaitu: 
  1. Eksplorasi; 
  2. Konsolidasi pembelajaran, dan 
  3. Pembentukan sikap dan perilaku.

Kegiatan Akhir dan Tindak Lanjut Pembelajaran

Udin S. Winataputra, dkk. (2003) mengemukakan hal-hal yang dilakukan dalam kegiatan akhir dan tindak lanjut pembelajaran , yaitu :
  • Penilaian akhir; 
  • Analisis hasil penilaian akhir; 
  • Tindak lanjut; 
  • Mengemukakan topik yang akan dibahas pada waktu yang akan datang; dan 
  • Menutup kegiatan pembelajaran.

Mulyasa (2003) mengemukakan dua kegiatan pokok pada akhir pembelajaran, yaitu : 
  • Pemberian tugas dan
  • Post tes.

Depdiknas (2003) mengemukakan dalam kegiatan akhir perlu dilakukan penilaian formatif, dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  1. Kembangkan cara-cara untuk menilai hasil pembelajaran peserta didik; 
  2. Gunakan hasil penilaian tersebut untuk melihat kelemahan atau kekurangan peserta didik dan masalah-masalah yang dihadapi guru; dan
  3. Cari metodologi yang paling tepat yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar